5 Beauty Vlogger Indonesia Terfavorit!

Assalamu’alaikum!
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah ya guys, mohon maaf lahir batin. Maaf masih angin-anginan ngeblognya, dan maaf kalau kadang ada konten yang kurang berkenan.
Kali ini aku masih pengen santai-santai *dasar pemalas*, jadi aku akan nulis sesuatu yang ringan.
Akhir-akhir ini, aku lagi suka banget nonton video beauty di youtube, atau istilahnya beauty vlogging. Dua tahun lalu, aku masih nontonin beauty vlogger luar negeri karena di Indonesia masih jaraaaaang banget. Beberapa yang aku subscribe karena aku suka adalah Michelle Phan (favorit sejuta umat sih ini kayaknya, sayangnya sekarang jarang banget upload soal beauty), Bubzbeauty, The Makeupchair (mukanya agak-agak Asian jadi bisa agak nyontek), dan Ana Victorio (Orang Filiphina yang mukanya baby face banget).
Tapi ada beberapa kelemahan saat aku mengandalkan beauty vlogger dari luar negeri, yaitu:
1. Jenis kulitnya 90% beda. Walau misalnya sama-sama acne-prone, tapi undertonenya beda, cuacanya beda, iklimnya beda, produknya beda, banyak banget deh yang beda. Jadi rasanya percuma.
2. Produknya sebagian besar enggak available di Indonesia. Memang sih beberapa beauty vlogger Internasional itu pakai produk drugstore, tapi tetap aja susah banget nyari produk-produknya. Jatuhnya, kita cuma bisa nonton, tapi nggak bisa nyontek gaya makeupnya.
3. Bahasa. Ya ini sih aku doang kali ya haha. Kalau Bubzbeauty masih bisa dimengerti, bahasa Inggris dia memang mudah, tapi yang lain aku merasa agak kesusahan deh. Entah dari pelafalan, kecepatan, atau memang dari akunya sendiri yang belum banyak vocabulary-nya. Jadi ini keterbatasan juga. Subtitle juga cukup mengganggu karena aku jadi fokus di subtitle daripada di konten videonya.

Karena alasan-alasan itulah, aku seneng banget waktu akhir-akhir ini semakin banyak beauty vlogger dari Indonesia. Ada beberapa hal yang jadi parameterku untuk menyukai dan subscribe beauty vlogger dari Indonesia.
1. Editingnya nggak macem-macem. Memang sih, editan yang unyu, banyak efek suaranya, atau apapun itu jadi mempercantik video. Tapi aku sendiri kurang suka karena lagi-lagi, menggangu konsentrasiku. Aku tetap menomorsatukan konten daripada editing.
2. Video dan suara jelas. Enggak perlu terlalu bagus sih, yang penting jelas. Aku lebih suka yang background videonya plain alias polos, tapi background kamar juga nggak masalah sih. Aku justru kurang suka backdrop yang bling-bling. Iya sih lucu, cuman aku tetap lebih suka yang clear biar fokus ke orangnya.
Konten beauty enggak tercampur komedi, parodi, fashion atau vlog. Kalau di satu channel tapi ada konten fashion, vlog, atau parodi, sih enggak masalah ya. Tapi kalau dalam video beauty dicampur sama fashion (misal hijab tutorial) dan parodi, jujur aja aku malas nontonnya, jadi biasanya akan aku close langsung karena aku cuma ingin konten beautynya. Kalau aku lagi nyari konten soal hijab tutorial, ya aku akan cari itu tapi juga yang kontennya cuma itu, enggak tercampur.
3. Durasinya enggak terlalu panjang. Ya kali aku duduk diem di depan laptop selama 20 menit buat liat orang make make up atau cerita soal skincare-nya. Tapi untungnya sebagian besar video yang udah pernah kau tonton sih enggak selama itu (kecuali video Q & A-nya misalnya). Review produk, tutorial, atau skincare/makeup routine biasanya maksimum 10 menit atau 15 menit. Lebih dari itu aku malas -_-
4. Enggak punya celetukan khas yang mengganggu. Kalau ini lumayan aneh sih haha. Aku bisa semudah itu enggak suka sama video hanya karena introduksi khas dari masing-masing beauty vlogger. Biasanya, beauty vlogger Indonesia udah punya semacam kata-kata khas, entah di awal video sebagai sapaan, di tengah video sebagai celetukan khasnya, atau salam penutup. Tapi jujur ada beberapa beauty vlogger yang punya celetukan/sapaan yang mengganggu jadi aku kurang suka.
Nah, itu dia biasanya hal-hal yang aku perhatiin saat nonton beauty video di youtube. Aku tahu aku banyak maunya, sedangkan videoku di youtube pun masih jelek banget kualitasnya. Karena itu aku akan beralih lagi ke blog, rajinin ngepostnya, sambil pelan-pelan upgrade kualitas video youtube-nya.
Nah, ini dia beauty vlogger Indonesia favoritku yang memenuhi semua 5 hal di atas:
1. Suhay Salim


Di urutan pertama (yang artinya paling aku suka) ada Suhay Salim. Aku subscribe dia baru-baru ini, kalau enggak salah sekitar Maret 2016. Awalnya karena nemu video dia di youtube recommendation dan ternyata aku suka banget! Enggak susah buat jatuh cinta sama Suhay Salim. Dia berumur 29 tahun, keturunan Arab, ngomongnya ceplas-ceplos, dan punya skill make up luar biasa bagus!! Dia satu-satunya beauty vlogger yang sampai aku follow instagram dan snapchatnya saking sukanya. Cara dia ngomong bener-bener enak didenger, lancar, dan jelas. Di video-videonya banyak banget ilmu yang aku dapet. Plusnya lagi, produk-produk yang dia pakai pun mudah dicari dan enggak terlalu mahal. Suhay berkali-kali nekenin kita bisa pakai produk apa aja, disesuaikan aja sama kondisi kulit dan dompet kita haha. Kualitas video dan suaranya oke (bahkan enggak ada musik yang diselipin jadi kita fokus ke dianya), editingnya sederhana banget (bahkan foto thumbnailnya pun plain), rajin upload, rajin berkomunikasi sama penontonnya, dan skillnya amazing. Purrrfect! Oh iya satu lagi, dia belajar make up 100% dari youtube which is amazing!
2. Delania Marvella


Dela punya dua channel, satu untuk audience Indonesia dan satu lagi untuk audience Internasional. Kualitas videonya enggak perlu diraguin lagi. Waktu aku nonton videonya yang nunjukin peralatan vlogging, aku sampai melongo. Peralatan dia super lengkap, super canggih, dan super mahal *cry*. Tapi yang aku suka adalah, dia juga menekankan untuk mulai vlogging dengan apa yang kamu punya karena nanti pelan-pelan juga membaik. Dia juga sering pakai produk lokal atau drugstore which is good buat yang dananya terbatas seperti aku haha. Tapi untuk skincare, aku nyerah karena dia pakai produk yang semuanya mehong abis 😦 cantik itu mahal gaes. Satu hal yang aku suka banget dari dia adalah dia bener-bener komitmen dan terstruktur. Dari dia, aku mulai nulis konten blog dijadwal dan ditentukan apa kontennya. Ternyata, dia bikin video enggak langsung bikin, tapi dia catat apa-apa aja yang akan dia omongin biar dia enggak melantur kemana-mana. I love her!
3. Dhana Xaviera


Aku suka sama pembawaan dia yang ceria dan lucu kalau ngejelasin. Biasanya aku enggak suka video beauty yang ada bloopersnya, tapi aku suka bloopers-bloopers punya Dhana. Make up-nya juga simpel tapi bagus! Tutorialnya jelas, dan produk-produk yang dipakainya cukup affordable. Gayanya juga cantik banget, cocok sama usianya. Dia juga rajin upload video.
4. Linda Kahyz


Wajahnya cukup bikin aku iri karena kelihatannya muda banget huhu. Walaupun produk-produknya agak mahal, tapi aku tetep suka nonton karena tutorialnya jelas, cepet, dan look-looknya aku suka banget! Pertama kali aku nonton videonya yang how to do eyebrow like a pro, dan aku langsung subscribe setelah itu walau videonya yang itu ada subtitlenya. Tapi video-video lain enggak ada subtitlenya, bikin aku semakin suka dia. Foto-fotonya di instagram pun cantik-cantik banget! Kadang jadi terinspirasi buat bikin look yang sama.
5. Sarah Ayu Hunter


Kayaknya kurang afdol kalau belum menyebut Sarah Ayu di per-beauty-vlog-an Indonesia. Dia salah satu beauty vlogger yang punya banyak die-hard-fans. Sarah berdarah Australia-Indonesia, makanya wajahnya kebule-bulean yang cantik banget. Produk-produk make up Sarah bervariasi, dari yang lokal, drugstore, sampai high end. Skill-nya juga luar biasa bagus! Aku waktu nonton video no mirror make up challenge-nya rasanya mau nangis karena hasilnya bagus banget Ya Allah aku pakai kaca segede muka bumi juga enggak bisa sebagus make upnya. Bahkan dia sampai ke tahap contour, smokey eyes, dan bulu mata palsu lho! Sayangnya dia udah lama nggak upload video baru karena rumahnya lagi direnovasi.

Itu dia 5 beauty vlogger Indonesia yang aku suka banget. Sebenernya banyak banget beauty vlogger yang punya skill bagus, tapi entah terlalu rame editingnya, dicampur sama parodi, ada greetings yang kurang sreg sama aku, atau apa, makanya hanya 5 itu yang benar-benar aku addict. Aku tetap tonton dan subscribe yang lain sih, hanya enggak aku tonton semua videonya kayak 5 beauty vlogger di atas. Semoga aku bisa seperti mereka walau peralatannya masih kurang banget. Semoga bermanfaat ya!

Wassalamu’alaikum Wr Wb

6 pemikiran pada “5 Beauty Vlogger Indonesia Terfavorit!

  1. Ping balik: Wardah YOUniverse Genuine Look 2017 | Hello, Pretty!

  2. Ping balik: Wardah YOUniverse Genuine Look 2017 - Sofiati Mukrimah

  3. Ping balik: Wishlist Make Up Buat Wisuda [Yang Belum Pasti Kapan…] | Hello, Pretty!

Tinggalkan komentar