Berburu Barang Second untuk Acara Istimewa, Yay or Nay?

Assalamu’alaikum!

Yeay. Minggu ini aku agak produktif. Senang rasanya!

Kali ini aku pengen sharing sekaligus minta pendapat kalian sih, beli barang second itu patut dicoba enggak sih? Kadang, banyak banget kan hal yang perlu kita pertimbangin kalau kita mau beli barang second. Entah kualitasnya yang enggak sesuai sama yang diomongin seller, ribet karena harus COD, atau simply kita nggak nemu yang pas di hati.

Ngomongin barang second, tahu aplikasi Prelo? Gini tampilan aplikasinya:

Prelo Indonesiab

Tampilan “Home” di Prelo

Awal aku tau tentang Prelo dari salah satu beauty vlogger yang aku follow di instagram, kalau enggak salah Sasyachi deh. Kemudian aku download aplikasinya, tapi baru bener-bener sering pakai ya minggu-minggu ini karena mau ada prom night hehe. Prelo ini aplikasi marketplace khusus barang-barang yang udah dipake (preloved atau second) walaupun enggak menutup kemungkinan barang baru juga bisa dijual. Prelo dibuat oleh orang Indonesia, lho!

Kembali ke masalah prom, dia ini kan special occasion ya, ada beberapa alasan kenapa aku nyari barang second:

  1. Jelas harganya jauh lebih murah
  2. Aku belum tentu pakai barang yang kupakai ke prom sering-sering
  3. Aku terlalu males ngubek-ngubek mall/pasar/toko di Jogja

Tapi, tentunya, ada beberapa hal juga yang menahan aku buat beli barang second buat special occasion:

  1. Iya kalau sellernya jujur, kalau belum terpercaya kan harus COD
  2. Kalau harus COD, harus cari yang sekota
  3. Kalau harus yang sekota buat COD, sama aja males hahaha

Beberapa hari ngubek-ngubek aplikasi Prelo, akhirnya aku menemukan banyak fitur yang bikin aku girang dan yakin buat beli barang bekas aja. Aku gak akan tulis semuanya ya. Aku akan share yang menurutku khas banget dari si Prelo ini.

  • Prelo Balance

    Prelo Balance

    Menurut seseorang yang pemalas kayak aku, ini berguna banget. Jadi aku bisa ‘menabung’ uang ke akun virtualku di Prelo, nah nanti kalau belanja di Prelo, pembayarannya dipotong dari Prelo Balance. Nggak usah capek-capek ke ATM sis. Tinggal pencet!

  • Filter yang Spesifik

    Fitur Filter yang Lengkap

    Filter ini berguna banget deh. Berhubung aku pelit, aku set filternya ke harga terendah dan lokasinya di Jogja (biar ongkirnya murah lol). Kondisinya juga bisa kita filter lho. Tapi kalaupun nggak milih yang satu kota, nggak perlu khawatir kena tipu kok. Ini dibahas di fitur selanjutnya ya.

  • Request Barang

    Bisa Request Barang Juga!

     

    Ini nih yang menurutku paling unik. Sebagai pembeli, kita bisa request barang apa yang kita pengen ada di Prelo. Oh iya, untuk kategorinya, di Prelo ada kategori Woman, Beauty, Baby & Kid, Book, Antique, Men, Gadget, Hobby, dan Living. Jadi aplikasi ini bukan cuma buat perempuan yaa

  • Request Packaging

    Request Packaging buat Seller

    Nah, kalau fitur yang ini buat sellernya. Seller bisa request packaging khusus dari Prelo-nya. Jadi, seller akan terlihat lebih profesional dan rapi deh.

  • FAQ

    Di menu bagian atas, kalau kita pilih simbol tiga garis, akan keluar menu seperti di atas. Untuk masuk ke fitur FAQ, kamu bisa pilih ‘Bantuan’. Di sini ada banyaaaak banget penjelasan terkait Prelo yang menurutku membantu banget!

  • Rekening Bersama

    Rekening Bersama Prelo

    Ini adalah fitur terpenting dari Prelo berdasarkan pengalamanku. Aku pernah beli barang second di kota yang sama, tapi berhubung gak bisa COD, akhirnya aku transfer ke rekening sellernya tapi barang lama banget sampainya. Sejujurnya itu bikin deg-degan juga sih. Nah kalau Prelo ini sistemnya, kita transfer uangnya ke rekening atas nama Prelo. Kalau barang udah kita terima, barulah kita konfirmasi biar Prelo lepas uangnya ke seller 🙂

  • Lovelist

    Fitur satu ini bikin kita gampang ngelacak barang yang udah kita like. Kalau kita enggak mau langsung beli, kita bisa like dulu beberapa barang buat perbandingan. Simpel tapi efisien. Btw, masih nyambung soal prom, ini lovelistku di Prelo:

  1. Heels

Yang aku suka dari halaman produknya adalah, keterangannya lengkap banget. Selain Prelo-nya juga nyediain kolom keterangan yang lengkap, sellernya juga kasih keterangan ada cacat apa di barangnya. Jadi ekspektasi kita enggak akan mengkhianati, hehe. Aku nyari heels bekas karena dari dulu aku cuma punya satu wedges merk Nevada yang aku beli saat bulan puasa dua tahun lalu kalo nggak salah, pas promo buy 2 get 1 free haha. Sekarang kondisinya memprihatinkan, bahkan dijual di Prelo pun udah nggak layak. Jadi aku harus beli heels buat menunjang penampilan (baca: tinggi badan) di prom nanti tapi nggak mau beli baru karena heels nyaman itu mahal! 😛

2. Bulu Mata Palsu

Ini adalah salah satu bulu mata palsu favoritnya Suhay Salim, merk lokal, dan katanya bagus banget, bisa dipakai puluhan kali pula. Aku udah lama pengen ini, tapi berhubung aku belum bisa-bisa banget pakainya, aku masih mikir apakah worth it? Tapi, kalau yang ini nggak mendesak buat prom sih. Sepertinya tetap tertarik buat ke depannya, haha.

3. Eyeshadow

Kalau ini sih salah satu eyeshadow pallete impianku 😥 tapi harganya belum masuk ke kantong mahasiswa, jadi sepertinya aku perlu nabung lebih giat. Sebenernya, aku lebih pengen Juvia’s Place daripada ini, karena lebih murah juga. Tapi aku cari gak nemu. Pengen tau aja harga secondnya berapa, bukan buat prom, kalau buat prom aku pasrah aja pake Inez. Apa aku perlu pake fitur Requestya? 😀

(Baca juga: 5 Beauty Vlogger Indonesia Terfavorit!)

4. Long Dress

Di antara sekian banyak baju muslim buat pesta, aku paling naksir dua ini. Buat prom ini kayaknya belum mampu aku beli, tapi aku bertekad buat beli salah satunya karena di usia segini emang udah banyak undangan kawinan.

Jadi, intinya, di antara lovelist di atas, yang beneran akan aku beli buat prom adalah heels-nya sih. Toh pasti kepake buat apa kek, wisuda gitu contohnya :))

Tapi, namanya juga marketplace, pasti ada kelebihan dan kekurangannya dong? Harapanku sih, Prelo akan nambah kerjasama lagi buat kurir pengirimannya. Saat ini Prelo baru bekerja sama dengan JNE dan Tiki. Untuk JNE-nya baru pengiriman reguler. Semoga nantinya Pos Indonesia, JNT, dan Sicepat bisa jadi pilihan pembeli Prelo ya!

Menurut kalian gimana? Beli preloved stuffs buat special occasion, oke aja atau enggak banget?

Sekian dari aku ya. Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

2 thoughts on “Berburu Barang Second untuk Acara Istimewa, Yay or Nay?

Leave a Reply

